Harlah NU dan Haul Tokoh NU, MWCNU Plumpang Gelar Pengajian Umum

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-92, Majlis Wilayah Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Plumpang menggelar serangkaian acara yang dilaksanakan kemarin Rabu (18/4/2018).

Rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh pengurus dan kader Nahdlatul Ulama di Kecamatan Plumpang ini juga dilaksanakan secara bersamaan dengan Haul KH. Abdul Qudus Ibrahim. KH. Abdul Qudus sendiri merupakan seorang Kiai, dan tokoh NU di Kecamatan Plumpang sekaligus pendiri Yayasan Al Qudsiyah, Desa Klotok, Kecamatan Plumpang.

KH. Ahmad Mu'in selaku Ketua MWC NU Kecamatan Plumpang mengatakan, kegiatan Harlah NU sangat penting dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk mengingatkan kembali para kader NU terhadap perjuangan pendiri jam’iyah NU.

“Tanggung jawab moral kita sebagai penerus Nahdlatul Ulama tentu jadi alasan utama mengapa acara semacam ini harus senantiasa kita lakukan," terang Ketua MWC NU Plumpang.

Pihaknya juga memaparkan, bukan hanya sekedar memperingati. Namun, lebih penting lagi agar bisa meneladani dan melanjutkan perjuangan para pendiri NU.

Dalam kesempatan yang sama, Muhtarom selaku ketua panitia acara tersebut menyampaikan, berbagai acara yang sengaja diagendakan demi menyemarakkan Harlah NU ke-92 ini.

"Acara utama kita hari ini memang bertajuk Pengajian akbar yang dihadiri oleh KH. Marzuki Mustamar selaku pengasuh PP. Sabilurrosyid Malang," ungkapnya.

Namun bukan hanya itu, sederet acara lain seperti pengobatan gratis, donor darah, screening katarak, tahlil akbar, olimpiade aswaja, PKPNU hingga santunan fakir miskin dan anak yatim jadi bagian acaranya.

Di tempat yang sama Moh. Anshoruddin sekretaris panitia juga memberikan alasan, mengapa begitu banyak agenda yang dijalankan. Selain mengenang dan meneladani perjuangan para pendahulu NU, diharapkan juga agar NU dapat bermanfaat secara langsung kepada masyarakat.

"Karena itu acara2 sosial semacam santunan fakir miskin dan pengobatan gratis jadi bukti bahwa NU memang didirikan untuk kemaslahatan umat. Alhamdulillah, tadi Bupati Tuban bisa hadir bersama ribuan pengunjung yang memadati halaman masjid " tutup kader muda NU yang juga pengurus GP Ansor ini itu. [feb/ito]