Proposal Mahasiswa Unirow Lolos Dana Hibah Dinas Koperasi Jatim

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Sebanyak tiga proposal mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban lolos untuk dana hibah dari Dinas Koperasi UMKM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Hal tersebut terkait dengan penyampaian hasil pemberkasan wirausaha pemula di Bali pada Senin (9/4/2018) kemarin.

Pengumuman hasil pendanaan itu merupakan tindak lanjut dari Gerakan Kewirausahaan Nasional tanggal 7 sampai 8 Maret lalu. Proposal yang lolos intinya memenuhi persyaratan usaha prospektif, ada ijin usaha, dan NPWP serta mengirim data administratif.

"Dari 3 mahasiswa yang lolos pendanaan wirausaha pemula harus mengisi persyaratan administratif, apabila ada yang tidak diisi maka dinyatakan gagal," ujar Wakil Rektor Bidang Keuangan, Dumiyati saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (11/4/2018).

Wanita yang akrab disapa Bu Dum itu mengungkapkan, adapun terakhir pengumpulan data yaitu minggu ketiga bulan April 2018 ini. Diharapkan peserta yang mendapatkan dana dapat menjadi pengusaha sukses. Sekaligus menjadi bukti kalau mahasiswa kampus swasta di Jalan Manunggal 61 Tuban, tak kalah dengan kampus unggulan lain.

Adapun mahasiswa yang lolos pendanaan yakni, Anggik Mahendra dengan judul proposal 'Printing dan Clothing' dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Masri'ah dengan judul 'Cathering' dari Prodi Bahasa Inggris, dan Muhamad Ruslan dengan judul 'Telur Tiga Spesiesnya' dari Prodi Pendidikan Ekonomi.

Di lain sisi, acara seperti ini diharapkan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan harapan agar dapat memotivasi mahasiswa untuk menjadi pelaku usaha.

Terpisah, salah satu penerima dana hibah, Anggik Mahendra mengatakan, sangat berterimakasih kepada semua pembimbing yang dengan sabar ikut menyukseskan penyusunan proposal. Dia juga bersyukur, judul proposalnya akan mendapat dana hibah sebesar Rp13 juta.

"Saya gunakan dana 13 juta ini sesuai amanah," tegas pemuda yang kerap disapa Anggik itu.

Lebih dari itu, Anggik juga akan meningkatkan kualitas produksi dengan mengupdate mesin, pelegalan merek, dan packing produk yang menjadi harapan bagi mahasiswa semester empat tersebut. [rom]

*Penulis adalah mahasiswi aktif Prodi Komunikasi FISIP, dan aktif di UKM Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Unirow Tuban.