Warga Genaharjo Temukan Granat Mortir Peninggalan Penjajah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebuah Granat mortir berkarat, yang memiliki ukuran panjang kurang lebih 22 centimeter dan berdiameter kurang lebih 15 centimeter, ditemukan oleh warga Dusun Gempol, Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Minggu (7/4/2018) sore.

Granat mortir yang diduga peninggalan penjajah tersebut ditemukan pertama kali oleh Tarkum (41) warga RT/2 RW/11 Dusun Gempol, Desa Genaharjo saat hendak memberi pakan ternak yang berada di pekarangan samping rumahnya.

Kasubag Humas Polres Tuban, IPTU Agus Edi Pranoto, saat dikonfirmasi blokTuban.com membenarkan adanya penemuan granat mortir yang diduga peninggalan penjajah di Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

"Iya benar, penemuan granat mortir di Desa Genaharjo berawal saat pemilik pekarangan sedang memberi pakan ternaknya. Tiba-tiba menginjak suatu benda," jelas IPTU Agus Edi Pranoto.

Lebih lanjut, IPTU Agus menambahkan, setelah benda yang diinjaknya diangkat ternyata sebuah granat mortir. Selanjutnya, pemilik pekarangan memberitahukan penemuan itu ke perangkat desa dan melaporkanya ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat.

"Setelah granat mortir diangkat, Tarkum langsung memberitahukan ke perangkat dan dilaporkan ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas Genaharjo," pungkasnya.

Berhubung karena kondisi granat mortir tersebut sudah berkarat dan apabila terkena gesekan atau benturan rawan terjadi ledakan. Selanjutnya granat mortir tersebut diamankan di Mapolres Tuban.[hud/ito]