Pokdarwis Kepohagung Kembangkan Potensi Wisata Goa Gede

Kontributor: Yetik Lusiana

blokTuban.com - Warga di Desa Kepohagung Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, ingin mengembangkan potensi wisata goa unik di wilayah setempat. Goa yang diberi nama Goa Gede itu, menyimpan potensi wisata yang cukup besar.

Salah satu pengunjung, Mudlir menilai kalau ada potensi wisata dari goa tersebut. Pasalnya goa itu memiliki sesuatu yang unik, yang bisa menarik minat wisatawan.

"Keunikan dari goa itu di dinding-dinding atas ada sinar yg masuk, terus ada sumber airnya. Selain itu juga banyak ornamen-ornamen langit-langit goa yang berbentuk seperti kubah masjid," jelasnya.

Menurut pengelola, Farid menjelaskan, Goa Gede ini, dulu dipergunakan untuk istirahat atau tempat berteduh para pengembala kambing. Di dalam Goa Gede ada sumber air yang mana saat musim kemarau pun tidak akan asat atau kering. Tempat tersebut dulu sering di gunakan untuk minum bagi para pengembala kambing. Sekitar luar goa dulu juga banyak ayam alas.

"Di sana ada pemuda yg merapat dan menjaganya biar tidak digunakan untuk maksiat," imbuh Farid.

Harapan dari warga setempat, agar bisa mendapatkan bantuan dari instansi pemerintah atau secara perusahaan dengan tetap memberikan pengelolaan goa kepada pokdarwis yang ada atau masyarakat sekitarnya. Karena akses ke goa tersebut masih terjal, jalan bebatuan setapak tanpa aspal.  

"Untuk sementara ini belum terlalu banyak pengunjung yang datang, karena baru dalam pengelolaan," tandasnya. [ana/ito]