Musim Gadu, Petani Tapen Optimis Mencapai Target Produksi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Para petani di wilayah kerja perusahaan PT Pertamina EP Asset 4 Cepu optimis target produksi padi di musim tanam gadu 2018 tercapai. Mereka pun berharap hasil panennya tidak kurang dari 20 persen panen musim rendeng (penghujan) bulan ini.

Satu di antara petani asal Tapen, Sidoharjo, Kecamatan Senori, Jasmo (50) saat ditemui blokTuban.com di sawahnya mengaku, satu bahu lahannya musim ini (rendeng) mampu menghasilkan 4 ton gabah. Di musim tanam gadu paling tidak sawahnya diharapkan bisa mencapai 3-3,5 ton gabah.

"Jika belajar dari tahun sebelumnya, saat gadu bisa mencapai 3 ton, semoga panen yang akan datang bisa lebih," katanya penuh harap, Senin (26/3/2018).

Petani yang lahannya berada di selatan pintu masuk sumur Tapen A3 itu mengaku, panen gadu akan tiba sekitar bulan Juli. Ia berharap, pupuk yang merupakan kebutuhan utama petani untuk menunjang produksi, bisa tetap lancar.

"Kalau musim rendeng gampang pupuknya, harapannya musim gadu juga demikian," tandasnya.

Hal senada juga dilontarkan petani lain, Zaini. Pria kelahiran 1951 satu itu berharap, panen musim gadu bisa menutupi kerugian panen musim ini. Sebab, hampir 50 persen tanaman musim rendeng miliknya terserang penyakit.

"Jika normal, panen gadu bisa dapat 6-7 ton dari lahan saya srkitar 1 hektar ini. Harapannya bisa tercapai, sebab musim ini sudah rusak tinggal separuh akibat diserang beluk dan potong leher," kisah petani yang kerap disapa Pak Haji ini. [rof/col]