Tumbuhkan Idealisme, Aktivis PMII Tuban Gelar Sekolah Demokrasi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka menumbuhkan kembali nilai idealisme terhadap mahasiswa, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Bonang Tuban menggelar Sekolah Demokrasi. Kegiatan yang diikuti belasan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur ini berlangsung selama tiga hari (23-25/3/2018).

Ketua PK PMII Sunan Bonang, Novindra N. D. R selaku penyelenggara, kepada awak media menuturkan, target dalam penyelesaian pendidikan ini, diharapkan dapat membawa perubahan kehidupan berdemokrasi dalam mengahadapi situasi politik dewasa ini. Terutama empat pilar aktor demokrasi di Indonesia dalam bingkai pergerakan mahasiswa.

"Tujuan dari proses ini, untuk memberikan perubahan bagi kehidupan berdemokrasi, khususnya empat pilar aktor-aktor demokrasi Indonesia yang di bingkai pada pergerakan mahasiswa," kata Novindra N. D. R di Guest House Yayasan Asmoroqondi, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban.

Empat pilar aktor itu lanjut Novi, antara lain, institusi politik, partai politik, komunitas bisnis, serta organisasi kemasyarakatan termasuk di dalamnya terdapat mahasiswa. Dalam hal ini, harapannya mereka (mahasiswa) mampu menumbuhkan kembali nilai kritis dan idealismenya dalam mengawal NKRI.

"Kita targetkan bisa menumbuhkan kembali nilai-nilai idealisme terhadap mahasiswa, yang mungkin sudah terlalu lama dinina bobokan dengan keadaan yang ada," tukas aktivitas muda berbakat ini.

Informasi lain yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari kegiatan ini menyebutkan, sekolah demokrasi ini sesuai harapannya, mengambil tema 'Peran Pemuda dalam Mengawal Pesta Demokrasi 2018'.

Beberapa pemateri berkompeten dari lokal maupun regional Jawa Timur turut dihadirkan. Mereka di anataranya Bawaslu Kabupaten Tuban, Karang Taruna, Jurnalis (RPS), Fitra Jatim, dan PKC PMII Jatim.

Diketahui, hari pertama telah dilakukan Seminar Demokrasi di Gedung Aula Dinas Pendidikan Kecamatan Tuban. Sedangkan hari kedua dan ketiga, sekolah demokrasi berlangsung di Guest House Yayasan Asmoroqondi, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban. [rof/col]