19:00 . Sempat Menolak, Bruntas Pradoto Terima Mandat Jadi Ketua Pepadi   |   17:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Resmikan Program CSR Bidang Pendidikan   |   16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |  
Wed, 27 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 25 March 2018 13:00

Posko Menangkan Pancasila Gelar Aksi Parade Damai

Posko Menangkan Pancasila Gelar Aksi Parade Damai

Pengirim: Ahmad Rifa'i

blokTuban.com - Puluhan mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Posko Menangkan Pancasila Kabupaten Tuban melakukan aksi parade yang bersamaan dengan Car Free Day (CFD) di Tuban, Minggu (25/03/2018).

Aksi tersebut berbentuk selebaran yang dibagi-bagikan pada pengguna jalan dan pengunjung CFD di sepanjang Jalan Sunan Kalijaga, Kabupaten Tuban.

Ketua EK LMND Tuban Rudik Hartono sekaligus Ketua Posko Menangkan Pancasila mengungkapkan, aksi ini sebagai bentuk parade menangkan Pancasila bersama organisasi sekawan PRD. "Ini merupakan bentuk gerakan koreksi agar penyelenggaraan negara benar-benar sesuai dengan Pancasila," ujarnya.

Pihaknya menyoroti beberapa kasus penggusuran lahan yang ditempati oleh 343 Kepala Keluarga (KK) di Tangjung Sari, Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah.

"Hal ini tentu bertengangan dengan nilai luhur Pancasila, terlebih pada sila kelima yakni, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Terlebih pemerintah saat ini bisa dikatakan jauh dari yang namanya prinsip pancasila dalam bernegara," imbuhnya.

Selain itu, Zaenal Arifin selaku korlap parade berharap Pemerintah Daerah maupun Pusat dapat mengoreksi kebijakan yang selama ini bertentangan dengan Pancasila.

"Kami hadir ditengah masyarakat yang sedang dirundung pilu atas nasib yang menimpannya, dan kami melakukan aksi ini sebagai bentuk protes keras terhadap pemerintah yang membawa beberapa issue," ujarnya lantang.

Selain konflik yang terjadi di Sulwesi Tengah, pihaknya juga menyoroti harga kebutuhan dasar yang terus meroket naik hal itu disebabkan oleh pelepasan harga kebutuhan pokok pada mekanisme pasar, pencabutan subsidi sejumlah komoditas pokok (BBM, listrik, dan gas elpiji), dan privatisasi layanan publik (pendidikan dan kesehatan).

"Cita-cita kemerdekaan tidak mungkin terwujud jika masih ada ketimpangan dan kemiskinan. Persatuan nasional akan rapuh jika tidak berbasiskan pada kesejahteraan sosial. Kebangsaan kita akan absurd jika tidak ada kesetaraan gender," tutup Zainal. [lis]

Tag : parade, damai

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more