Tertimbun Pasir dan Batu, Penambang di Bancar Tewas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Suparman (30) seorang penambang pasir asal Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban ditemukan meninggal dunia, setelah tertimbun longsoran pasir dan bongkahan batu saat melakukan penambangan di gunung pasir desa setempat, Kamis (22/3/2018).

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kejadian itu berawal saat korban bersama empat orang temannya sedang melakukan aktivitas penambangan pasir secara manual dengan menggunakan alat berupa cangkul, sekop, gancu dan besi.

"Mereka menambang dengan cara mencangkul pasir yang ada di lereng gunung di ketinggian 10 meter dengan kemiringan 90 derajat," ujar Kasubbag Humas Polres Tuban, IPTU Agus Edi Pranoto.

Kemudian, lanjut Agus, saat para penambang lain istirahat, korban bersama satu temannya masih mencangkul dan mengumpulkan pasir. Lalu tiba-tiba terjadi longsoran batu dan pasir.

"Saat terjadi longsor itu teman korban berhasil melompat dan menyelamatkan diri, sedangkan korban tidak sempat menghindar lalu tertimpa bongkahan batu dan tertimbun pasir seluruh tubuhnya," tambah Agus.

Melihat korban tertimbun pasir dan bongkahan batu, teman sesama penambang berusaha untuk membantu mengevakuasi. Namun karena batu terlalu besar sehingga korban tidak berhasil diselamatkan.

Selanjutnya, petugas Polsek Bancar yang mendapatkan laporan terkait hal itu meminta bantuan dengan mendatangkan alat berat atau eskavator untuk mengeluarkan korban.

"Akhirnya setelah satu jam proses evakuasi dilakukan, kemudian korban berhasil dikeluarkan dari longsoran dalam keadaan luka terbuka di kepala dan meninggal dunia," pungkasnya. [hud/rom]