Cegah Skimming Polisi Rajin Patroli ATM

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pihak kepolisian di wilayah Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban meningkatkan keamanan dana nasabah bank dengan melakukan patroli di setiap Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hal ini dilakukan menyusul adanya tindakan skimming atau pengkloningan dana nasabah di ATM.

"Hal ini kita lakukan demi mengantisipasi pembobolan uang nasabah yang belakangan ini cukup meresahkan masyarakat," ujar Wakapolsek Singgahan, IPDA Ali M kepada blokTuban.com, Selasa (20/3/2018).

Selain patroli, pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada warga yang kebetulan di lokasi ATM. Perwira Polisi itu berharap, sebelum mengambil uang di ATM nasabah hendaknya memeriksa semua sisi. Alasannya, demi menjaga keamanan untuk diri mereka sendiri.

"Sebelum mengambil uang melalui ATM, agar diperiksa dulu tombol angkanya dan lubang kartu ATM. Jika ada yang mencurigakan segera laporkan ke petugas," pinta mantan Kanit Lantas Polsek Singgahan itu.

Dijelaskan Ali, sapaan akrabnya nasabah sebelum mengambil uang, harus mengamati tombol angka dan lubang kartu ATM. Jika perlu jangan ragu untuk meraba demi meyakinkan.

Jika dipastikan tidak ada sesuatu yang melekat atau modifikasi tombol dan lubang kartu disalahkan untuk mengambil uang. Sebab dalam praktik skimming, pencuri sudah menyediakan alat-alat mulai dari softwarenya, hardware, serta kamera kemudian melalui alat skimming.

Alat-alat itu kemudian ditempel ditempatkan di mesin ATM yang sepi dan dianggap aman oleh kelompok khusus atau yang biasa mereka sebut tim operasional.

"Kami dari kepolian bersama pimpinan unit bank yang ada akan selalu mengadakan kontrol di ATM yang ada di wilayah Singgahan untuk antisipasi. Semoga wilayah kami tetap kondusif membuat masyarakat aman," pungkasnya. [rof/col]