Puluhan Pendekar PSHT Gelar Baksos Bersih Desa
Oleh: A. Isytihar*
 
blokTuban.com - Puluhan pendekar dari organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PHST) Ranting Kecamatan Senori, peduli bersihkan lingkungan di Desa Jatisari. Minggu (18/3/2018).
 
Sejak pagi, dengan memakai sakral (seragam lengkap) mereka terjun menyusur gorong-gorong dengan membawa berbagai alat kebersihan. Tujuannya, tak lain ikut membantu pemerintah Desa Jatisari yang pada saat itu menggalakkan bersih lingkungan.
 
Ketua Ranting PSHT Senori, Zakki Mubarok mengatakan, pendekar PSHT selain dibekali jurus olah raga, mereka juga dibekali olah rasa. Olah rasa dapat dimaknai bahwa setiap siswa atau warga PSHT dalam membudayakan pencak silat diharapkan turut serta andil dalam Hayuning Bawono (ikut menjaga ketertiban dunia).
 
"Semoga kegiatan sosial lingkungan ini, mampu menambah kepekaan siswa dan warga PSHT dalam menjaga lingkungan di desa masing - masing," ungkap Zakki di sela-sela kegiatan bakti sosial tersebut. 
 
Di lokasi yang sama, Pemerintah Desa Jatisari berterima kasih atas turut sertannya perguruan pencak silat yang ikut membantu menjaga lingkungan. Sebab, selain menjalin kebersamaan dengan lembaga desa, gagasan positif ini dapat mewujudkan lingkungan desa bersih, asri, dan nyaman. 
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pendekar, karena telah menunjukkan kepeduliannya terhadap kearifan lokal. Mereka peka dan merespon masalah sosial lingkungan, hingga mau turun serta bersih-bersih di lingkungan desa," tutur Kepala Desa Jatisari Wahyu Setiawan. [col]
 
*Pengirim adalah anggota sekaligus Humas PSHT Ranting Senori.