Musim Tanam Gadu, Petani Wajib Tahu Ini
Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Panen raya musim ini hampir rampung. Petani pun tengah siap-siap menyambut musim tanam gadu (MTG) mendatang.

Pada MTG yang akan jatuh pada bulan April hingga September nanti, petani harus jeli memilih tanaman. Jika tidak, mereka akan terancam rugi sendiri.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji mengatakan, pada MTG tahun ini disarankan petani menanam padi yang tahan dengan kekurangan air. Pihaknya berharap petani tidak sembarangan menentukan pilihan produksi tanamannya.  

"Kami sarankan pilih padi yang tahan dengan kekeringan atau padi 'Gogo'," ujar Murtadji ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (15/3/2018).

Ketika diminta menyebutkan varietas padi yang cocok, pihaknya berujar jenis ciherang dan mekongga. Atau petani bisa juga memilih padi yang varietas usia pendek.

Lalu bagaimana dengan petani yang lahannya tadah hujan? Mantan Camat Bancar itu menyarankan untuk memilih tanaman hortikultura. "Sedang untuk sawah tadah hujan, lebih cocok ditanami jagung, kacang, kedelai dan tanaman hortikultura lainnnya," ulasnya panjang lebar. [rof/col]