Ini Dia Lokasi yang Dikunjungi Jokowi

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini Jumat (9/3/2018) pagi melakukan kunjungan ke lahan hutan milik Perhutani KPH Tuban. Lokasinya di petak 3-01 RPH Ngimbang, BKPH Sundulan, KPH Tuban. Masuk wilayah Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban.

Selain panen jagung di lahan yang dikelola masyarakat bekerjasama dengan Perhutani tersebut, Jokowi juga akan tutup tanam dengan menanam tumpangsari di lahan itu.

Lahan yang digarap masyarakat melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngimbang Makmur itu seluas 7,50 hektar. Dengan sistem tanam tumpangsari. Tanaman utama berupa jati. Juga ada tanaman secang, mahoni dan lainnya.

Jumlah pohonnya 8.850 batang yang terdiri dari Jati 6.600 pohon, Mahoni 750 pohon dan Secang 1.500 pohon. Di lahan ini, buka tanam 2017 dilaksanakan pada 14 November 2017.

baca juga : Jokowi Bagikan 1.500 Paket Sembako


Pembukaan tanaman adalah memulai menanam lahan hutan pada saat hujan turun secara terus menerus. Sehingga tananan cukup air dan tumbuh dengan baik. Pada saat yang bersamaan dilakukan penaman tanaman polowijo jagung. Masa tanam tahun 2017 dimulai dari bulan Desember 2017 sampai Maret 2018.

Setelah kegiatan selesai, dilakukan tutup tanam. Yakni kegiatan pembuatan tanaman telah selesai atau berakhir. Kegiatan tutup tanam dilaksanakan dengan penanaman pohon yang terakhir pada petak 3-01 yang dilakukan oleh Jokowi hari ini.[ono]