Musrenbang Soko Bahas Pembangunan Global Pedesaan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Bertempat di aula pendopo kantor Kecamatan, ratusan Kepala Desa (kades) se-Kecamatan Soko beserta tokoh masyarakat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Selasa (6/3/2018).

Dalam agenda yang membahas rencana pembangunan secara umum di wilayah pedesaan Kecamatan Soko tersebut, juga turut dihadiri Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Soko, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Satu persatu pihak pemerintah desa (Pemdes) memberi usulan terkait pembangunan di desanya. Mulai dari bidang sarana prasarana, pendidikan, kesehatan, pertanian, serta sosial budaya.

"Mari kita bahas perencanaan pembangunan yang baik dan sesuai aturan. Maka dari itu, semua pihak harus bersinergi," kata Camat Soko, Suwito kepada para tamu undangan.

Selebihnya, musyawarah yang dimulai sekitar pukul 09.30 Wib itu terus bergulir membahas program-program pembangunan yang sudah, telah dan yang akan dikerjakan.

Anngota DPRD Kabupaten Tuban dalam akhir diskusi juga memaparkan, bahwa permasalahan-permasalahan pembangunan yang ada di lingkup Pemdes, minimal harus diketahui oleh pimpinan desa hingga kecamatan.

"Musyawarah Rencana pembangunan ini dimaksudkan agar tak ada program siluman yang dijalankan. Jika semua pihak bersinergi, tentu pembangunan akan lancar tanpa kendala," harap Andhi Hartanto, komisi C DPRD Tuban sembari menutup acara. [feb/rom]