Embung Sumberagung Dikelola Kartar Desa

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pembangunan embung penampung air hujan di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang kini sudah siap digunakan sebagaimana fungsinya. Selain menampung air hujan, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat juga menabur beberapa jens benih ikan agar semakin maksimal.

Demi menjaga keamanan, memantau keadaan embung seluas 7.976 meter kubik itu, Pemdes menyerahkan pengelolaan embung kepada Karang Taruna (Kartar) setempat.

Berbagai poster imbauan pun dipasang sekitar bangunan embung. Mulai dari larangan mandi di lokasi embung, karena memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Hingga larangan memancing di area embung.

"Dilarang memancing di sini. Jika ketahuan maka akan didenda Rp 500.000," tulis poster yang terpampang di salah satu sudut embung bertandakan Kartar Sumberagung.

Sementara itu, beberapa pemuda desa yang juga tergabung dalam keanggotaan Kartar mengatakan jika para pemuda selalu berada di lokasi embung setiap saat, secara bergantian.

"Hampir setiap waktu kami ada di sini. Bersantai sambil jaga embung ketika malam hari," ungkap David, Pemuda setempat kepada blokTuban.com, Selasa (6/3/2018).

Namun sayangnya, pada tempat yang digunakan untuk menjaga embung berbentuk gazebo sederhana dekat lokasi belum diberikan penerangan yang memadai.

"Kalau malam, ya pakai pencahayaan handphone ini. Lampu flash dinyalakan, sudah bisa buat penerangan," pungkasnya. [feb/col]