Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan pengkoleksi diecast miniatur mobil-mobilan di area Jawa Timur, mengikuti kontes Costum Wars Diecast di Warkop Samiaji, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Minggu (25/2/2018).

Kontes diecast untuk yang pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Wali tersebut turut hadir peserta dari berbagai Kabupaten diantaranya dari Malang, Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo bahkan dari Kota Semarang.

Menurut salah satu panitia, Raimon, kontes diecast ini yang menjadi penilaian juri adalah fungsional diecast, detail eksterior, detail interior, inovasi, kerapian serta finishing pengerjaan.

"Kita ambilkan juri dari Surabaya, untuk kontes ini," ujar Raimon kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Raimon menjelaskan, untuk kontes seperti ini komunitas diecast mengadakanya dengan cara berseri dan setiap seri berbeda tempat dan kota.

"Untuk hadiah bagi juaranya dalam satu seri antara Rp2 juta sampai Rp2,5 juta," kata Raimon.

Sementara itu, salah satu peserta dari Kabupaten Tuban, Kayun mengatakan, baru kali pertama kalinya ini mengikuti kontes diecast, menurutnya sebelum menikuti kontes diecast koleksinya dimodifikasi terlebih dahulu.

"Diecast ini unik koleksi saya, saya ikutkan kontes kelas dekal atau penilaian warna," pungkas perempuan yang akrab di sapa Kay tersebut.[hud/ito]