PKK Tuban: Ingin Potensi Anak Maksimal, Tiga Komponen Ini Harus Terintegrasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pembinaan taman Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Bina Keluarga Balita (BKB) dirasa akan menjadikan ibu dan anaknya bisa menjadi lebih maksimal.

Hal tersebut diutarakan oleh Bu Didit, Wakil ketua Pokja 2 PKK Kabupaten Tuban. Usai kegiatan pelatihan dan bimbingan ibu-ibu PKK Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban pagi tadi, Rabu (21/2/2018), pihaknya menjelaskan bagaimana pentingnya integrasi ketiga komponen terebut.

"Harus terintegrasi jadi satu. Karena, untuk memaksimalkan potensi pada anak, Posyandu bersama PAUD dan BKB harus dengan proses yang benar," kata Bu Didit kepada blokTuban.com.

Maksudnya, sambung Wakil ketua Pokja 2 PKK Kabupaten Tuban itu, kesehatan anak bisa ditimbang dan diukur melalui Posyandu desa setempat. Dalam hal ini, pengetahuan Ibu untuk merawat sang buah hati akan otomatis bertambah.

"Bagaimana gizi dan kesehatan anak, bagaimana tumbuh kembangnya anak, ibu harus memantau," imbuhnya.

Setelah tiga kompenen tersebut terlaksana, besar kemungkinan perkembangan anak juga akan seimbang. Baik kesehatan jasmani, maupun kesehatan rohani.

"Jadi, tak hanya Fisik saja. Namun psikis, mental dan kecerdasan anak juga harus bisa memadai. Tiga komponen tersebut makanya harus diintegrasikan dengan benar," pungkasnya. [feb/col]