19:00 . Sempat Menolak, Bruntas Pradoto Terima Mandat Jadi Ketua Pepadi   |   17:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Resmikan Program CSR Bidang Pendidikan   |   16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |  
Wed, 27 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 18 February 2018 11:00

Unirow Sabet Tiga Tropi BPSMI

Unirow Sabet Tiga Tropi BPSMI

Penulis: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Dari delapan delegasi mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, yang mengikuti Workshop fFtografi dan Penulisan Sastra se-Jawa Timur oleh Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) di Institut Teknologi Sepuluh Novenmber (ITS), Sabtu (17/02) kemarin, tiga di antaranya mampu membawa pulang tropi dari dua nominasi.

Juara pertama dan kedua penulisan cerpen, diraih Siti Nurcholifah dan Dewantari Dharma. Sedangkan  juara kedua berhasil direbut Hidayatul khoiriyah dalam penulisan lakon.

"Eksplorasi cerita, kesegaran ungkapan, dan juga kualitas karya yang apik menjadi pertimbangan juri hingga dipastikan terbaik, baik cerpen maupun lakon," ujar Pembina Komunitas Sanggar Sastra (Kostra) Unirow, Suantoko M.Pd, Minggu (18/2/2018).

Budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding itu menjelaskan, pada kesempatan ini Unirow mengikutsertakan delapan mahasiswa yang lulus seleksi. Dari empat nominasi, hanya tiga yang diikuti meliputi penulisan cerpen,  puisi dan lakon.

"Untuk fotografi belum ada mahasiswa yang kompeten di bidangnya," terang Suantoko.

Apa yang diraih mahasiswa Unirow, tidak lepas dari rutinitas pembinaan ketat dalam kostra mulai dari diskusi karya, produksi, sampai pembedahan karya dalam forum. Diharapkan ke depan mahasiswa lain supaya terpacu, dan sadar untuk tidak menjadi mahasiswa yang hanya duduk di bangku kuliah tetapi juga memiliki nilai tambah seperti menulis.

Terpisah, juara dua dalam penulisan lakon, Hidayatul Khoiriyah menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengirim mahasiswa terbaiknya dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas)  tahun 2018.

Sedangkan, Siti Nurcholifah sebagai juara pertama penulisan cerpen mengaku, tidak ada persiapan khusus, hanya saat pengiriman naskah saja. Dara murah senyum ini juga berhati-hati dalam menulis naskah, dan menerapkan teknik-teknik yang diajarkan selama berada di Kostra.

"Teknik itu  menjadi acuan saya dalam menulis," pungkas Nurcholifah sembari berucap syukur. [col]

*Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Prodi FISIP. Sekaligus aktif proses menulis di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban.

Tag : unirow, bpsmi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more