GMNI Tuban Gelar Konfercab VI

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Tuban menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) VI di Gues House n Resto Jalan Pramuka Nomor 62 Tuban, Minggu (18/2/2018).

Dengan mengambil tema 'Perkuat Komitmen, Tingkatkan Kualitas, Perkuat Loyalitas, menuju kejayaan GMNI Tuban', diharapkan ke depan GMNI mampu memberikan sumbangsih pemikiran dalam setiap gejolak yang timbul di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, GMNI Tuban melangsungkan acara Diskusi Publik yang disampaikan Sujarwoto selaku senior Alumni GMNI Tuban, dengan membahas gejolak yang timbul di masyarakat terkait perkembangan di era industrialisasi.

Menurut Ketua DPC GMNI Tuban Nabrisi Rohid, Konfercab ini merupakan musyawarah tertinggi di tataran kepenguruasan GMNI tingkat Kabupaten, dalam menentukan kepengurusan untuk periode selanjutnya.

Untuk itu, setiap amanah yang tertera di dalam Konfercab tersebut, menjadi haluan dalam gerak arah kepengurusan selanjutnya. Sehingga di dalam keputusan tersebut harus dipatuhi dan dilaksanakan.

"Konfercab ini harus benar-benar dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk menetukan arah dan tujuan gerak GMNI kedepan," kata Naha, sapaan akrab Nabrisi Rohid.

Selanjutnya Naha menyampaikan, kader GMNI harus mampu berperan aktif dalam menyikapi setiap isu yang ada, khususnya isu yang menyangkut kepentingan rakyat. Mulai persengketaan bidang agraria, hingga kemiskinan yang tergolong cukup besar.

"Untuk itu, kader GMNI Tuban harus terus mengawal rakyat dari segala bentuk penindasan, sesuai marwah GMNI yang anti terhadap penindasan," terang Naha.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) GMNI Jatim, Muhammad Ageng Dendy Setiawan yang hadir dalam acara tersebut memaparkan, kader-kader GMNI harus mampu terus mengembangkan intelektualitas diri.

Terlebih, ditahun politik seperti saat ini yang memang rawan terjadinya isu SARA yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk itu GMNI harus mampu berada di tengah-tengah masyarakat.

"GMNI merupakan organisasi yang tidak memandang suku, ras, dan agama. Sehingga GMNI harus berada di garda terdepan dari pihak-pihak yang berusaha memecah belah Bangsa," paparnya.

Pada acara tersebut turut hadir kader dan alumni GMNI Tuban, perwakilan BEM, organisasi mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan berbagai ormas lainnya. Dan telah ditetapkan juga Saiful Anwar sebagai Ketua DPC GMNI Tuban periode 2018-2020.[hud/ito]