Tanaman Pepaya California Tumbuh Segar di Ladang Sempol

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Jika melewati jalanan perbatasan Kecamatan Soko dan Kecamatan Parengan, tepat berada di persawahan Sempol, anda akan disuguhi hamparan tanaman hijau milik petani.

Padi muda menghijau terhampar melambai mengikuti arah angin, serta beberapa lahan tanaman buah Pepaya California juga turut menghiasi jalan tengah penghubung dua kecamatan itu. Petani Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan rupanya ada yang mencoba peruntungan dengan menanam pepaya yang dikenal manis itu.

Adalah Pamuji, salah seorang petani buah Pepaya California mengaku dia bersama tiga pegawainya mulai membuka lahan yang sebelumnya ditanami padi untuk budidaya pepaya.  

"Ini tanaman pepaya Jenis California. Sudah berusia tiga setengah bulan, sekitar dua hingga tiga bulan lagi sudah bisa panen," kata Pamuji.

Dia juga menambahkan, selain beda dengan tanaman sekelilingnya, pepaya tersebut juga butuh nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh kembang dengan baik.

Pemberian pupuk, air, serta obat anti jamur harus sering dilakukan. Sebab, jika terjadi kekurang ataupun kelebihan nutrisi, tanaman bisa mati, layu, bahkan busuk.

"Ya, begini. Harus pandai menakar air dan nutrisi pupuk ke tanaman. Harus pas, biar kualitasnya di atas rata-rata," pungkasnya. [feb/col]