Musim Hujan, Waspada Pohon Tumbang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengguna jalan yang hendak melintasi hutan di kawasan kerawak, Montong, Kabupaten Tuban, hendaknya lebih berhati-hati. Terlebih saat kondisi hujan disertai angin. Pasalnya, di jalur alternatif Singgahan-Montong itu terdapat pepohonan yang usianya sudah sangat tua.

Pagi tadi misalnya, sebuah pohon yang usianya ratusan tahun mengalami tumbang yang mengarah ke jalan raya. Akibatnya, arus lalu lintas terganggu. Beruntung tidak ada korban jiwa.

"Pohon tersebut sudah berumur ratusan tahun sehinga pada pangkalnya mengalami kerapuhan. Ditambah lagi, hujan yang mengguyur semalaman disertai angin mangakibatkan pohon tumbang melitang di jalan," terang petugas kehutanan, BKPH Mulyoagung, Badar, Sabtu (10/2/2018).

Untuk memindahkan pohon, petugas gabungan dari perhutani, Polsek Montong, dan relawan BPBD Tuban terjun ke lokasi. Alhasil, pohon yang tumbang saat fajar itu bisa dievakuasi sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi.

Setelah dievakuasi petugas, arus lalu lintas kembali normal. Lantaran tidak ingin ada korban jiwa jika terjadi tumbang, pihak kepolisian setempat menghimbau agar pengguna jalan selalu waspada saat terjadi angin kencang di ruas jalan yang terdapat pohon besar.

"Kami imbau para pengguna jalan agar selalu waspada saat terjadi angin kencang, mengingat banyaknya pohon yang sudah berusia di pinggir jalan, serta hati-hati dengan kondisi jalanan yang licin," tutur Kapolsek Montong, AKP Noorsento. [rof/rom]

pohon-tumbang-1

pohon-tumbang