Setahun Bisa Kumpulkan Rp 13 Triliun

Reporter:Sri Wiyono

blokTuban.com – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menjanjikan dan bisa menjadi sendi perekonomian yang kuat. Karena, UMKM sektor perdagangan misalnya, mampu menghasilkan omzet sampai triliunan rupiah setahun. Hal itu, menjadikan perekonomian di masyarakat bisa membaik.

‘’Karena itu, kami targetkan setiap tahun ada penambahan UMKM baru,’’ ujar Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban Agus Wijaya.

Dia menyebut, saat ini jumlah UMKM sektor perdagangan sebanyak 24.675 unit. Jumlah itu tersebar di seluruh kabupaten Tuban. Dari UMKM perrdagangan ini, jumlah uang yang beredar mencapai belasan triliun. Sebab, sesuai data dari Diskoperindag omzet dari UMKM itu tercatat 13 Triliun lebih.

‘’Target kami tercapai untuk 2017,’’ tambahnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol ini menyebut, jumlah UMKM juga naik. Misalnya pada 2013 jumlah UMKM sebanyak 23 ribu, dan menjadi 24.675 pada 2016 dan 2016. Kenaikan jumlah pelaku usaha juga menjadikan omzet meningkat. Jika dua tahun lalu baru mencari 12 triliun, taun 2017 juga menembus angka 13 triliun lebih omzet yang didapat.

‘’Dengan terus pengembangan UMKM dan jenis usahanya, omzet bisa terus ditingkatkan,’’ katanya.[ono]