Musim Barat, Harga Ikan di Tuban Melambung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Cuaca tidak menentu, akibat Musim Barat yang terjadi beberapa bulan ini membuat hasil tangkapan nelayan di pesisir pantai utara Kabupaten Tuban menurun.

Tak pelak, menurunya hasil tangkapan tersebut membuat harga ikan di pasar maupun Tempat Pelalangan Ikan (TPI) semakin melambung.

Seperti yang terjadi di Pasar Ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang. Menurut keterangan para penjual, hampir semua jenis ikan yang dijual saat ini harganya melambung.

"Semua jenis ikan harganya mahal," ujar salah satu penjual ikan asal Desa Kradenan, Basalamah (61), Kamis (8/2/2018).

Senada dengan penjual lain, Mak'In (50) yang mengungkapkan, melambungnya harga ikan sudah terjadi sejak bulan Desember 2017 lalu, tepatnya sejak berlangsungnya musim barat.

"Sudah sekitar dua bulanan ini harga ikan melambung karena musim baratan," ungkapnya.

Lebih lanjut Mak'in mengatakan, Ikan Tengiri biasanya Rp11.000 per kilo sekarang Rp25.000, Krapu biasanya Rp20.000 per kilo sekarang Rp30.000, Kakap merah biasanya Rp20.000 perkilo sekarang Rp30.000.

Dikonfirmasi terpisah salah satu nelayan, Kozin (30) Desa Gesikharjo mengatakan semenjak musim barat banyak nelayan yang tidak melaut. Adapun yang nekat melaut waktunya pendek.

"Di musim seperti ini jelas hasil tangkapan menurun, tapi untuk harga ikan memang lebih bagus," pungkasnya.[hud/ito]