Harga Melambung, Pendapatan Pedangang Ikan Menurun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Melambungnya harga ikan karena pengaruh cuaca, berdampak semakin sepinya pembeli ikan di pasar ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Akibatnya, penghasilan beberapa pedagang ikan di pasar tersebut mengalami penurunan yang cukup drastis dibandingkan pada saat harga ikan stabil.

"Pembeli sepi, selain karena harga ikan saat ini melambung jenisnya juga ini-ini saja," kata salah satu pedagang ikan asal Desa Kradenan, Mak'In (50), Kamis (8/2/2018).

Mak'In mengaku, biasanya setiap hari apabila harganya stabil, ia bisa menjual ikan daganganya hingga puluhan kilo ikan setiap hari. Tapi untuk saat ini pembeli yang datang sepi.

Sementara itu, penjual lain Basalamah (61) mengutarakan hal yang sama, biasanya perhari pendapatanya bisa Rp700 ribu-1juta perhari. Tetapi akhir-akhir ini Rp500 perhari sudah maksimal bahkan bisa hanya Rp300 ribu.

"Biasanya perhari penghasilan bisa sampai 1 juta, karena banyak mobil yang melintas berhenti untuk membeli ikan, tapi saat ini sepi," ungkap Basalamah nenek yang telah berjualan ikan puluhan tahun tersebut.

Menurutnya, saat harga ikan stabil, mulai pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB pasar ini sudah dipenuhi penjual. Tapi sekarang hanya satu, dua penjual yang masih terus melakukan aktifitas menjual ikan.

"Saat harga ikan mahal penjual juga sepi, begitu juga pembeli. sehingga pendapatan penjual juga menurun," pungkasnya.[hud/ito]