Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan warga Ring 1 PT. Semen Gresik yang tergabung dalam Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jaringmas) menggelar aksi demo di depan Kantor Utama PT. Semen Gresik di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (7/2/2018).

Dalam aksi yang berlangsung damai tersebut, masa yang terdiri dari dari warga 12 desa serta element organisasi sosial kemasyarakatan ring 1 PT.SG membawa sebanyak tiga petisi tuntutan yang disampaikan kepada pihak Management Direksi PT. Semen Gresik.

"Kami menuntut kepada PT. SG Corporate Social Responsibility (CSR) tepat sasaran, Transparansi rekrutmen tenaga kerja dan kembalikan dan tuntaskan sengketa tanah Desa Gaji," ujar Abu Nasir salah satu Koordinator aksi dari Desa Gaji.

Menurut Abu Nasir, selama ini tiga tuntutan tersebut masih belum dipenuhi oleh PT. SG, mulai dari CSR yang masih banyak dipermainkan, rekrutmen tenaga kerja yang masih banyak dari warga ring 1, serta persoalan sengketa tanah di Desa Gaji yang sampai saat ini belum tuntas.

Setelah melakukan orasi dan tidak ditemui oleh pihak direksi, akhirnya ratusan masa tersebut membubarkan diri dengan tertib. "Kami akan melakukan aksi lagi dengan jumlah masa yang lebih besar. Tidak hanya itu, kami juga akan menutup akses menuju tempat produksi," tambah Abu Nasir.

Sementara itu, Kabag Humas dan CSR PT. SG Kuswandi saat ditemui mengatakan, pihaknya telah menerima warga yang melakukan aksi. Tetapi massa menginginkan agar bertemu dengan direksi, namun saat ini direksi tidak ada di tempat sehingga nanti mereka akan diajak mediasi bersama direksi.

"Mereka nanti akan dimediasi bersama pihak keamanan untuk bertemu dengan direksi dan kita akan memfasilitasi. Untuk pagi ini pihak direksi tidak ada di tempat," ujar Kuswandi.[hud/ito]