Bisnis Bermula dari Hobi

Kontributor: Hafid Saifuddin

blokTuban.com-Jangan sepelekan hobi. Sebab, dari kesenangan tersebut bisa menjadi ladang usaha. Contohnya adalah Abdul Kholiq (32) warga Wadung Kecamatan Jenu. Bermula dari hobinya memelihara burung Lovebird, sekarang membuat pria ini menjadi peternak yang menghasilkan.

‘’Awal-awal karena hobi, namun setelah beberapa bulan akhirnya ambil keputusan buat serius beternak burung Lovebird,’’ ujar Kholiq.

Menurut dia, beternak Loverbird sangat menguntungkan. Prosepek ke depan menurut dia bagus. Sebab, peminatnya banyak dan harga di pasaran tidak mudah anjlok. Kholiq memulai beternak sejak 2010 silam. Dia mengawali dengan membeli burung Lovebird yang paling murah.


‘’Dulu saya beli yang indukan yang paling murah harganya Rp 300 ribu satu pasang,’’ ungkapnya.


Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Kholiq. Selain modal yang pas-pasan, juga karena ketersediaan tempat. Berbagai pengalaman pahit manis sudah dilakoni. Mulai dari burungnya mati secara mendadak atau karena stress. Juga serangan dari hewan semacam tikus dan kucing, burung yang kabur dan lainnya.
Setelah Lovebirdnya mulai berkembang, dia menjual beberapa burung dan ditukar tambah dan diganti dengan jenis yang lebih baik.


‘’Saat saya punya sekitar 20 pasang indukan Lovebird dari mulai jenis yang paling murah hingga jenis yang cukup mahal,’’ katanya.[fid/ono]

*Kontributor adalah mahasiswa FISIP UNIROW, magang di www.blokTuban.com