Sempat Tak Terawat, Masjid Yayasan Sabilillah Dibersihkan dan Difungsikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bangunan  Masjid Yayasan Sabilillah di tepi jalur Pantura Tuban Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban yang tampak tidak terawat, kini terlihat bersih.

Pemandangan baru tersebut terlihat setelah relawan DSU Tuban, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Tuban, dan anggota Polsek Plumpang, Polres Tuban melakukan gotong-royong membersihkan lingkungan masjid tersebut.

Bahkan dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, ke depan masjid itu akan dikonsep ecogreen, pusat pendidikan karakter, dan penanaman materi cinta tanah air.

"Aksi bersih Masjid Sabilillah itu dilakukan secara masif dan penuh kegotong-royongan. Serta ke depan masjid itu akan di konsep ecogreen,” kata Direktur Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban, Ratna Dwi Kartika, Selasa (6/2/2018).

Aksi gotong royong bersih masjid yang diinisiatori oleh pengurus DSU Tuban tersebut turut diikuti relawan Pengurus DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tuban, Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban, Kemenhub Tuban, Kepanduan Rehab Hati, Gabungan Satuan Karya Pramuka, Organisasi Sosial, dan beberapa komunitas peduli lingkungan lainnya.

"Ada sebanyak 110 personel relawan yang turun untuk membantu pembukaan area masjid yang telah lama tidak terpakai,” sambung Ratna Dwi Kartika yang juga mantan Direktur LPIT Al Uswah Tuban.

Lebih lanjut menurutnya, aksi tersebut adalah murni sebagai jalan dakwah fi sabilillah dan tidak ada kepentingan yang lain. Sehingga DSU Tuban sebagai inisiator mengharap bantuan dan dukungan dari masyarakat Tuban dan sekitarnya.

Ratna menambahkan, dengan aksi tersebut DSU Tuban akan berusaha konsisten di jalan dakwah dengan selalu bergandengan tangan dengan pihak terkait.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus Yayasan Sabilillah Lamongan atas izinnya untuk membuka area Masjid itu, sehingga bisa digunakan sebagaimana fungsinya,” tandasnya.

Diketahui, kondisi masjid tersebut sudah bisa ditempati untuk ibadah salat berjamaah. Selain itu, air bersih di area masjid juga sudah tersedia.[hud/col]