Ketua DPRD : ‘’Peta Lokasi Proyek NGRR Dibuat Provinsi''

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Setelah sosialisasi proyek kilang New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, di Desa Remen dan Mentoso Kecamatan Jenu, bakal dilanjutkan dengan pembuatan peta lokasi proyek. Peta tersebut di antaranya memuat berapa luas lahan yang masuk area proyek dan tersebar di desa mana saja.

‘’Nanti peta tersebut disediakan pemerintah provinsi, Gubernur yang membuatnya,’’ ujar Ketua DPRD Tuban M.Miyadi.

Dia mengatakan, proyek tersebut bakal mulai dibangun tahun ini. Sebab, persiapan sudah dilakukan dengan matang. Bahkan, dokumen analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) juga sudah disiapkan.

‘’Sekali lagi disampaikan bahwa ini adalah proyek nasional, yang kebetulan lokasinya di Tuban. Proyek ini sifatnya strategis karena itu tetap dibangun,’’ tambah dia.

Mengenai riak-riak kecil di lapangan, misalnya terkait dengan proses pembebasan lahan, sekretaris DPC PKB Tuban itu mengatakan adalah hal biasa. Karena masyarakat belum sepenuhnya tahu dan faham maksud dan tujuan dibangunnya kilang tersebut. Ketika masyarakat tahu dan menikmati manfaatnya, sikapnya akan berubah.

‘’Setiap ada kegiatan pembangunan seperti ini pro kontra itu adalah yang biasa. Dulu saat Semen Gresik mau masuk Tuban juga seperti itu. Tapi, ketika masyarakat mulai merasakan manfaatnya, juga jalan,’’ katanya.(ono)