Tingkatkan Kesiapan, Proktor UNBK Tuban Selatan Jalani Bimtek

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang Ujian Nasional (UN), orang yang ditunjuk dan bertanggung jawab mengendalikan server sekolah atau proktor untuk Wilayah KKM MTs Tuban selatan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di MTs Islamiyah Banin Senori, Minggu (4/2/2018).

Bimtek proktor KKM MTs Tuban Selatan sendiri memiliki tujuan untuk membekali pengetahuan tugas para proktor dalam pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan di bulan Mei mendatang.

"Tugas proktor sangat penting, karena sebagai ujung tombak pelaksanaan UNBK di sekolah," Tandas Miftahul Huda, Proktor KKM Tuban Selatan yang ditunjuk sebagai tutor.

Bimtek yang dihadiri 26 proktor tersebut mengupas tentang setting server, client, dan segala kemungkinan yang terjadi saat pelaksanaan UNBK.

"Dalam Bimtek ini, para proktor kita beri informasi terkait setting server dari penginstalan sampai teknis pelaksanaan UNBK. Selain itu, juga kita beri teknis penanganan segala kemungkinan terburuk yang terjadi saat pelaksanaan ujian," imbuh Huda, sapaan pria tambun itu.

Tampak peserta Bimtek begitu antusias dalam mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB tersebut. Mereka mengaku terbantu dengan agenda persiapan UNBK ini.

"Sangat bermanfaat kegiatan ini, karena saat ini kita jadi lebih tahu bagaimana cara setting server dan client untuk pelaksanaan UNBK di madrasah masing-masing," ungkap M. Najib, proktor dari MTs Tanjungrejo, Singgahan.

Sekadar diketahui, dalam pelaksanaan UNBK sangat dibutuhkan tenaga profesional untuk pengoperasian server dan client. Sehingga di setiap sekolah mengangkat 1 proktor dan 1 teknisi untuk pelaksanaan ujian yang akan datang.

"Secara umum Proktor MTs se-KKM Tuban Selatan 100 persen siap melaksanakan UNBK," sahut Huda lagi menandaskan. [rof/col]