Sortir Tembakau di Rumah, Bisa Jadi Tambahan Pemasukan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain banyak menyerap tenaga kerja dari sekitar gudang tembakau, Pabrik gudang yang berada di Desa Sokosari, Kecamatan Soko rupanya juga memperbolehkan masyarakat umum untuk mengerjakan sortir tembakau bahan dirumah warga masing-masing.

Pengawas operator gudang tembakau mengatakan bahwa, banyak warga sekitar desa Sokosari yang mengambil tembakau bahan untuk kemudian dikerjakan dirumah.

"Untuk pemula, biasanya kita bawakan 1 karung tembakau belum sortir yang berisi 13 kilogram untuk dikerjakan dirumah. Sedangkan untuk yang mahir, kadang ambil 2-3 karung sekaligus," terang Yakob, mandor pengawas saat ditemui blokTuban.com di ruang kerjanya, Sabtu (3/2/2018).

Lebih lanjut, lelaki asal Kabupaten Bojonegoro itu menambahkan, ada sekitar 300 warga sekitaran Kecamatan Soko yang turut mengerjakan sortir tembakau bahan di rumahnya masing-masing.

"Bahkan ada yang ambil sambil bawa truk untuk dikerjakan tetangga-tetangga sekitar rumahnya juga," pungkasnya.

Di ruangan terpisah, salah seorang pegawai gudang yang juga turut membawa pulang tembakau bahan untuk dikerjakan dirumah, Rumiati mengaku senang bisa mendapat tambahan pundi rupiah lewat kerja sampingan itu.

"Selain kerja disini, saya dan pekerja lain juga bawa pulang tembakau untuk disortir di rumah. Ya, lumayan untuk nambah pemasukan. Bisa dikerjakan santai di rumah," ungkap perempuan berusia 30 tahun asal Desa Mentoro itu. [feb/ito ]