Awal Februari, Harga Bumbu Dapur Terpantau Naik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Awal Februari 2018, harga bumbu dapur terpantau naik, khususnya cabai dan tomat. Kenaikan harga tersebut, rata-rata terjadi sampai Rp4000 per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Bangilan, Jasmirah (41) menuturkan, harga tomat mengalami kenaikan Rp3.000 per kg. Kenaikan harga tersebut sudah berjalan selama dua hari.

"Sudah dua hari ini tomat naik, dari harga Rp4.000 menjadi Rp7.000 per kg," tutur Jasmirah, Kamis (1/2/2018).

Bagaimana dengan setok komuditas bumbu dapur tersebut? Ibu dua anak tersebut mengatakan semakin berkurang. Bahkan, ia memprediksi akan mengalami kenaikan lagi, lantaran tipisnya stok.

"Kemungkinan ini akan terus naik, karena stoknya juga lagi berkurang," tukas wanita ramah itu.

Dari pantauan blokTuban.com di pasar milik pemerintah kabupaten Tuban itu, kenaikan harga juga terjadi pada cabai keriting dari harga Rp28.000 menjadi Rp32.000 per kg. Kemudian harga cabai lainnya, jenis rawit naik dari Rp14.000 menjadi Rp16.000 per kg.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi terpisah, kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya membenarkan jika terjadi kenaikan harga komoditas bumbu dapur di pasar yang dikelola pemerintah tersebut.

"Iya, memang ada kenaikan," terang Agus, sapaan akrabnya dari keterangan tertulis yang diterima wartawan media ini. [rof/ito]