Nanti Malam, Salat Gerhana Serentak di Kecamatan Rengel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Fenomena alam 'Gerhana Bulan' yang akan terjadi nanti malam sekitar pukul 19.48 WIB, yang dapat dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, dimanfaatkan banyak orang untuk berdoa dan Salat Gerhana.

Di Kecamatan Rengel, hampir seluruh masjid desa akan melaksanakan Salat Gerhana berjamaah, yang dipusatkan pada satu titik masjid desa setempat.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, pelaksanaan salat di Desa Punggulrejo akan dipusatkan di Masjid  At-taqwa Beron, Desa Sumberejo dipusatkan di Masjid Al-Futuhiyah, sedangkan di Desa Maibit yang memiliki banyak Pondok Pesantren (Ponpes) juga dilaksanakan di berbagai titik Masjid Ponpes.

Kepala Desa Sumberejo, Suhadi mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Salat Gerhana secara berjamaah kepada warganya baik di musala maupun masjid.

"Ada 25 undangan yang sudah dikirim ke musala dan masjid warga di desa ini. Bebas mau jamaah di musala atau pun masjid, tapi kita anjurkan untuk beberapa warga untuk mengisi jemaah di masjid," ungkap Kades, Rabu (31/1/2018).

Untuk pelaksanaannya, lanjut Pak Hadi, sapaan akrabnya, Salat Gerhana akan dimulai sekitar pukul 19.30 hingga 20.00 WIB.

"Kita mengajak semua warga. Baik warga desa, anggota AKR (group FB) beserta Karang Taruna Rangka Gilang Sumberejo (RGS)," imbuhnya.

Sementara itu, pelaksanaan Salat Gerhana berjamaah di Desa Punggulrejo, Masjid  At-taqwa Beron juga akan dimulai pada pukul 19.30 WIB. [feb/col]