Ha..! Warga Kebonharjo Diserang Penyakit Hepatitis?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabar mengejutkan muncul dari Dusun Jambean, Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pasalnya, lima hari yang lalu seorang warga mengunggah status di aplikasi TapRose (Tuban Public Report Services) milik Pemerintah Kabupaten Tuban, jika di desanya sedang dilanda penyakit hepatitis (peradangan atau pembengkakan liver atau hati).

Danyang, penggunggah status tersebut ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (30/1/2018) menyebutkan, korban yang diduga menderita hepatitis antara lain, Siti Mutmainnah (36), Serli Purwati (12), Miftaqul Huda (13), Farhan (8), Devi, Aksa Rian, dan Waras.

"Khususnya kalangan anak-anak di dusun kami banyak yang terkena penyakit liver. Sudah lebih dari 8 anak yang terkena penyakit liver, dan anehnya di waktu yang bersama'an jum'lah korban semakin hari makin bertambah. Maka dari itu kami minta tolong kepada OPD terkait untuk segera menindaklanjuti kasus ini agar tidak semakin banyak lagi korban. Terimakasih," tulis Danyang, lima hari lalu.

Sementara itu pihak kesehatan dari Puskesmas Kebonharjo mengungkapkan, pihaknya sudah mengidentifikasi sejak Selasa lalu (23/1/2018). Pihaknya juga menyarankan untuk dibawa ke puskesmas.

Selain itu, saat ditemui di rumah salah satu warga yang diduga terkena penyakit hepatitis, dr. Yudha Praditya berujar, korban yang terjangkit dugaan liver dibawa ke RSU dr. Koesma Tuban untuk menjalani tes di laboratorium. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kepastian penyakit yang menjangkit warga Kebonharjo itu.

"Kita belum bisa memutuskan itu hepatitis atau tidak, sebelum diperiksa di laboratorium," tukas dokter muda itu, usai memeriksa Serli Purwati.

Dari data yang dikumpulkan blokTuban.com dari pihak kesehatan setempat, saat ini yang harus menjalani pemeriksaan lanjut adalah Serli Purwati dan Miftaqul Huda. Sementara Devi (sudah sembuh dan sudah sekolah), Aksa (sudah sekolah), Rian (hanya sakit maag dan sudah sekolah), Waras (infeksi saluran kencing) dan Siti Mutmainnah (penyakit akut). [rof/rom]

sakit-tuban

sakit-tuban-1