Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Datangnya musim penghujan yang diperkirakan makin tinggi pada bulan Februari mendatang, para perajin kursi, meja, hingga sangkar burung berbahan bambu di Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko tengah mempersiapkan segala kemungkinan yang ada.

Termasuk stok bambu kering, bahan dasar pembuatan perabot rumah itu. Para perajin sudah memiliki beberapa simpanan bambu, untuk sejenak dikeringkan dan diolah jadi perabot.

"Masalah hujan, kita para perajin di sini tentu sudah punya banyak cadangan bambu. Kadang juga ada yang penjual bambu dan mengantar langsung ke sini," terang salah seorang perajin desa setempat, Nur Khamid saat ditemui blokTuban.com, Selasa (30/1/2018).

Dari hal tersebut, imbuh Pak Nur, sapaan akrabnya. Dia dan warga lain tak perlu kebingungan saat sewaktu-waktu hujan turun dan membasahi bambu bahannya.

"Gak begitu kering sih bambunya, terlalu kering malah gak bisa diolah dan bisa pecah malah," lengkap lelaki dari Dusun Tanggungan itu.

Sementara itu, perajin sangkar burung desa setempat juga menuturkan hal sama. Bambu yang dipotong jadi bagian-bagian kecil, kemudian disusun menjadi sangkar burung bambu itu telah banyak disiapkan perajin.

"Kalau stok bambu bahan sangkar burung tetap ada. Meskipun hujan datang, gak ada masalah berarti. Yang jadi kesulitan perajin bambu di sini ya pemasaran barang," kata Kundani, perajin sangkar burung olahan bambu. [feb/col]