Warga Rela Antre Menerima KKS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kantor kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban dibanjiri warga setempat, Senin (29/1/2018). Sejak pagi warga rela mengantre hanya untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, ratusan warga memadati pendopo kecamatan. Mereka mengantre untuk mengambil kartu untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah.

"Di kecamatan Bangilan sendiri ada 119 warga yang menerima," ujar Koordinator Kecamatan, Rofii kepada blokTuban.com di lokasi.

Setelah menerima KKS, kelak warga bisa mempergunakan untuk mengakses bantuan dari pemerintah. KKS merupakan program pemerintah pusat yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu. Dengan harapan, agar dapat hidup sejahtera dan mandiri dalam mengatur kebutuhannya.

Sementara itu Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Tuban, Arif Hidayat menambahkan, pembagian KKS untuk peserta PKH pengembangan tahun 2018, serentak dilakukan di empat kecamatan. Jumlah total kartu yang dibagikan sebanyak 1133 KKS.

"Mereka nanti akan bisa mengambil bantuanya di ATM atau agen BNI pada bulan Februari, setelah rekening mereka di top up oleh Kemensos ke BNI," imbuh Arif.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pembagian KKS di Kabupaten dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini, di Kecamatan Kenduruan 265 KKS, Kecamatan Jatirogo 336 KKS, Kecamatan Senori 413 KKS, dan Kecamatan Bangilan 119 KKS. Sedangkan Kecamatan lain akan menyusul sesuai jadwal. [rof/ito]