Tinjau Nelayan di Palang, Bupati Beri Bantuan Kapal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Bupati Tuban H. Fathul Huda, Senin, (29/1/2018) pagi, melakukan peninjauan di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Kali ini Bupati dua periode tersebut melakukan peninjauan di empat titik yaitu, di Desa Gesikharjo, TPI Palang, Tempat Pengepakan Ikan, serta Gudang Garam di Desa Cempokorejo.

Dari pantauan blokTuban.com, Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban serta beberapa staf lainya tersebut memberikan bantuan sebanyak 10 mesin dan kapal kepada para nelayan di Kecamatan Palang, Tuban, Jenu dan Tambakboyo.

“Pendapatannya dua orang paling banyak Rp300 ribu dan kalau sepi hanya Rp80 ribu per orang. Dengan keadaan itu maka mereka tidak akan mampu membeli kapal, sehingga sesuai dengan kemampuan kita, kita cicil dan kita belikan kapal,” ujar Bupati Tuban saat dimintai keterangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, M. Amenan menambahkan, bahwa bantuan kapal ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk mengentaskan kemiskinan. Jadi nelayan yang ABK ini tidak akan keluar dari kemiskinan kalau tidak punya produksi sendiri. Maka nelayan itu diberikan bantuan berupa mesin dan kapal.

“Kita kasih bantuan kapal sehingga mereka punya peghasilan tetap, untuk saat ini kita berikan 10 kapal untuk nelayan di Palang, Jenu, Tuban dan Tambakboyo,” kata Amenan.

Sesuai dengan mekanismenya lanjut Amenan, penerima bantuan ini merupakan nelayan yang tergolong miskin yang tercatat di dinas, setelah itu dilakuan sonding disetiap kelompok-kelompok. “Karena sifatnya hibah, maka setiap tahun akan memberikan bantuan kapal dan di tahun 2018 ini ada 40 kapal yang akan diberikan,” lanjut Amenan.

Salah satu penerima bantuan kapal, Waras (45) mengatakan, ini merupakan bantuan untuk nelayan kurang mampu, dengan bantuan ini diharapkan nelayan bisa mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal” Setiap tahun harapan para nelayan selalu ada perhatian seperti ini,” pungkasnya.[hud/ito]