Himbau Bijak Bermedsos, Kapolsek Rengel Gelar Cangkrukan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menyikapi dinamika zaman digital yang kian canggih serta menjamurnya media sosial yang ada, Polsek Rengel Polres Tuban menggelar Cangkrukan Kamtibmas bersama para netizen.

Dibalut acara ngopi bareng dengan suasana santai di salah satu kedai kopi Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yani Susilo, Kapolsek Rengel mengajak agar para netizen lebih bijak mempergunakan media sosial.

"Seperti kita ketahui, di zaman keterbukaan ini kita harus pandai menyaring informasi terutama yang beredar di internet maupun media sosial," kata Kapolsek Rengel kepada para netizen yang hadir, Sabtu malam (27/1/2018).

Membentengi warganet dari permasalahan yang kerap dijumpai pada jejaring sosial seperti penyebaran berita 'hoax', ataupun ujaran kebencian dengan nuansa SARA, Mantan Kapolsek Jenu itu juga memberikan wawasan tentang Undang Undang ITE.

"Kami tidak ingin netizen dari Rengel berurusan dengan hukum, gara-gara melakukan tindakan yang kurang terpuji di media sosial," imbuhnya.

Menghadapi tahun politik ini, khususnya menjelang Pemilukada 2018, pihaknya berharap agar netizen proaktif membantu Polri untuk meminimalisir 'Black Campaign' melalui media sosial.

"Pemilukada sebentar lagi dilaksanakan. Kami mohon bantuan dari netizen agar membantu menyampaikan informasi bila ada suatu hal di medsos yang dapat mengacaukan stabilitas keamanan," pungkasnya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh beberapa insan pers itu juga disosialisasikan tentang aplikasi SIBI Polres Tuban.

Sementara itu, Kukuh, salah satu penggiat grup facebook 'Apa Kabar Rengel' mengaku senang dengan kegiatan cangkrukan kamtibmas yang digelar oleh Polsek Rengel.

"Dengan acara ini, kami bisa lebih akrab dengan Bapak Kapolsek Rengel beserta anggotanya, sekaligus mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang baru. Kalau bisa, kegiatan seperti ini diagendakan secara berkala," ungkapnya. [feb/rom]