Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau yang kerap disapa Gus Ipul sambangi Kabupaten Tuban yang kesekian kalinya. Siang ini, pria yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur itu hadir khusus dalam acara pengukuhan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tuban di Pendopo Kridho Manunggal.

Dalam kesempatan itu juga, Gus Ipul menginginkan petani di Tuban menjadi pengusaha. Dengan syarat, mereka harus memiliki pemikiran yang berubah dari konsumen ke produsen. 

"Petani harus kita dorong jadi produsen, bukan jadi konsumen," kata Gus Ipul, saat ditemui blokTuban.com usai acara. 

Gus Ipul berharap petani tidak lagi menjual gabahnya untuk membeli beras. Sebab itu akan sulit untuk mewujudkan petani yang sejahtera dan berdaya. 

"Petani harus jual beras premium, bukan malah menjual masih bentuk gabah," tandasnya. 

Sementara itu, secara terpisah ketua KTNA Tuban periode 2017-2022, Ali Imron mengatakan, kelompok KTNA merupakan ajang konsolidasi. Dalam kenyataannya nanti, diharapkan bisa menjadi mediator antara petani dengan pemangku kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan. 

"Apa yang menjadi keputusan pemerintah akan kami sosialisasikan ke petani. Sebaliknya, ketika dirasa petani kurang tepat, maka akan melakukan mediasi dengan pemerintah demi kemaslahatan bersana," tukas Imron, sapaan karibnya. 

Sekadar diketahui, pengukuhan pengurus KTNA Tuban kali ini, dihadiri tidak kurang dari 1000 petani di kabupaten Tuban. Selain itu ada juga launching kartu tani yang bisa digunakan untuk memenuhi kegiatan produksi petani. [rof/col]