50 Pendekar 'Pasti' Tuban Bertolak ke Cirebon, Ada Apa?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan Pasukan Inti (PASTI) Pagar Nusa Tuban dijadwalkan ikut pengisian massal atau Ijazah Kubro, sekaligus ikut serta pengamanan dalam pelantikan pengurus Pagar Nusa Pusat pada Minggu (28/1/2018) besok.

Ketua Pimpinan Cabang Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib kepada blokTuban.com mengatakan, sedikitnya terdapat 50 pendekar Nahdlatul Ulama (NU) yang akan bertolak ke Cirebon, Jawa Barat. Ijazah kubro sendiri merupakan kegiatan dalam rangka menghidupkan kembali tradisi pesantren dan kiai.

"Siang ini, kita akan berangkat ke Cirebon bersama 50 pendekar," ucap Abdul Mujib, Sabtu (27/1/2018)

Menurut pendekar asal kota santri, Senori itu, istilah penggemblengan adalah milik pesantren yang harus tetap di lestarikan. Dengan harapan setelah digembleng oleh kiai-kiai sepuh, para pendekar semakin loyal terhadap ulama, kiai, organisasi dan NKRI.

"Kita berangkat dengan niat menghadiri agenda organisasi pengukuhan pengurus pusat dan mengharap berkah ijazah para kiai," ulas Mujib, sebelum berangkat.

Data yang berhasil dihimpun wartawan media ini sebelumnya, kegiatan Ijazah Kubro merupakan salah satu rangkaian agenda Pengukuhan Pimpinan Pusat masa khidmah 2017-2022 di Cirebon, Jawa Barat. Setelah itu, dilanjutkan dengan Rakernas di Pesantren Kempek, Cirebon, pada 28-30 Januari 2018 yang dihadiri para pengurus Pimpinan Wilayah Pagar Nusa. [rof/ito]