Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Benih tanaman padi yang disediakan secara bersubsidi dinilai akan meringankan beban para petani. Namun demikian para kelompok tani di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko tidak serta merta mengambil subsidi tersebut.

Menurut data yang diperoleh blokTuban.com dari Unit Pelaksanaan Terpadu Dinas (UPTD) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Soko, petani setempat sangat jarang memanfaatkan benih subsidi pemerintah.

"Kadang, dari para petani menginginkan benih jenis IR 4, namun kami hanya menyediakan benih jenis Ciherang," terang Parwan, SP selaku petugas Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) yang menangani 4 desa, termasuk Desa Kendalrejo, Selasa (23/1/2018).

Lanjut Parwan, pihak Dinas Pertanian hanya melayani serta menyediakan bibit subsidi yang banyak dipakai petani lainnya. Jika ada benih bantuan bersubsidi, petugas PPL akan segera menginformasikan kepada desa dan kelompok tani.

"Jadi tergantung petani setempat, kalau tidak cocok atau tidak mau ya nggak masalah. Namun, kami selalu menghubungi desa dan kelompok jika ada subsidi," imbuhnya.

Selanjutnya, UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Soko berharap, adanya benih subsidi yang disediakan untuk petani akan dapat dimanfaatkan secara baik oleh warga yang mendapatkan.

"Tentu ada info dan penawaran terlebih dulu dari kami. Karena subsidi bukanlah hibah, maka penawaran bisa dilanjutkan acc, atau tidak. Tergantung kesiapan dana desa atau kelompok tani," pungkasnya. [feb/col]