Berkeliaran, Ular Sanca Diamankan Warga

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Munculnya ular besar jenis sanca kembang yang berkeliaran di jalan perkampungan warga Dusun Pulerejo, Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, beberapa waktu lalu sempat menghebohkan warga.

Hewan berdarah dingin yang memiliki panjang hampir 3 meter tersebut pertama kali dilihat oleh Prapto, warga setempat yang akan pergi berburu ke sawah pada malam hari sekitar pukul 21.00 Wib dua hari lalu.

”Pas mau ke sawah untuk berburu ada ular sedang merayap di gang," papar Prapto kepada blokTuban.com, Jumat (19/1/2018).

Dengan inisiatifnya, dia memberitahukan hal itu kepada warga sekitar gang. Tak butuh waktu lama, warga yang mendengar kabar tersebut mulai ramai menuju lokasi.

"Warga banyak yang lihat, banyak heboh sendiri ketika ular akan ditangkap dan berusaha kabur dengan merayap ke atas pohon bambu," imbuhnya.

Lanjut Prapto, bahkan warga ada yang berniat untuk memanggil pemuda desa untuk segera membunuh ular tersebut dengan menembakkan peluru timah dari senjata api jenis laras panjang.

"Setelah ular naik ke atas pohon bambu dekat sawah, kita sepakat untuk menebang pohon bambu yang dijalari ular itu," ulas Prato.

Pasca berhasil ditebang, ular sanca berdiameter betis orang dewasa tersebut berhasil ditangkap dan diamankan warga dengan mengikat bagian kepala ular.

Salah satu pemuda setempat akhirnya ada yang bersedia untuk merawat dan menjaga ular bermotif batik warna coklat, kuning emas dan dominasi hitam tersebut. [feb/rom]