Musim Hujan, Jamur 'Barat' Berkah untuk Warga

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Musim hujan yang terjadi di Kabupaten Tuban membuat suhu udara sejuk bahkan cenderung dingin. Kondisi tersebut ternyata memberi berkah tersendiri bagi warga lantaran bisa mendapatkan jamur 'Barat' secara gratis di hutan.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, dengan kondisi curah hujan cukup tinggi seperti yang terjadi akhir-akhir ini, jamur yang tumbuh liar di hutan cukup melimpah. Tak ayal, warga ramai mengambilnya untuk dikonsumsi maupun dijual.

"Kalau berangkat pagi hingga sore bisa mendapatkan sampai 10 kilogram (kg)," ujar salah satu warga Senori, Agung, usai berburu jamur di hutan Kumpulrejo, Bangilan, Minggu (14/1/2018).

Ia mengaku berburu jamur saat musim seperti ini bisa jadi hiburan tersendiri. Bahkan sebagian temannya ada yang dijual lantaran hasilnya cukup melimpah.

"Kalau saya, ya tak masak sendiri, tapi kalau temen ada yang dijual," imbuh pria yang memiliki hobi ternak burung itu.

Sementara salah satu temannya, Sartono mengatakan, jamur yang tumbuh musiman itu setiap satu kilogramnya bisa laku Rp20.000. Selain itu, mencari jamur di hutan bisa jadi hiburan tersendiri saat liburan.

"Sukanya cari jamur di hutan bisa sekalian jalan-jalan sambil refreshing. Namun sayang adanya hanya musiman," ungkapnya dengan senyum di wajahnya.

Sekadar informasi, disebut Jamur Barat atau nama latinnya 'Clitocybe Nebularis' karena Jamur ini muncul sendiri secara liar di tempat yang lembab, atau di bawah pohon yang rindang atau di semak-semak (grumbul) yang teduh dan lembab, dan saat tumbuhnya jamur ini banyak angin (barat menurut orang jawa ). Itulah sebabnya Jamur ini dinamakan Jamur Barat.

Jamur barat sendiri berbentuk batang dan tudung atas (seperti Caping gunung), Tinggi+10cm. Diameter atau besar batang Max 1 cm. Lebar Tudung atas Lebar Max 15 cm, berwarna putih agak kelabu dan kecoklat-coklatan, dan mempunyai bau yang Khas. Tumbuh liar (tanpa ditanam atau dibudidayakan) bisa di pekarangan rumah, bawah batang bambu, di hutan atau tempat lain yang bisa tumbuh dengan sendirinya. [rof/rom]