Konstruksi Tanah Lembek, Jalan akan Dicor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Seiring banyaknya jalan rusak di beberapa titik yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus mencari terobosan yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Salah satunya, Pemkab Tuban berencana untuk melakukan pengecoran jalan di wilayah yang memiliki konstruksi tanah lembek atau yang berada di dekat areal persawahan.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein. Menurutnya untuk saat ini dari hasil sidak, jalan yang berada di kawasan dekat persawahan konstruksi tanahnya lembek sehingga cepat rusak. Sedangkan untuk jalan yang berada di kawasan bebatuan tidak ada masalah.

“Memang kalau yang kondisi tanahnya keras tidak ada masalah, tapi yang kondisi tanahnya lembek cepat sekali rusak. Dan setelah kita diskusikan dengan Pak Bupati, nanti kedepan akan pakai cor,” ujar Wabup kepada sejumlah wartawan.

Untuk pembangunan jalan poros desa dengan menggunakan cor tersebut kemungkinan akan dilakukan Pemkab mulai tahun 2019. “Di 2018 belum, mungkin di tahun 2019,” tambah Wabup.

Lebih lanjut menurut Wabup, untuk saat ini kondisi jalan yang paling parah rusak berada di Kecamatan Widang. Karena selain dekat persawahan dan tergenang banjir, intensitas kendaraan juga lebih tinggi, karena menghubungkan antara Babat, Lamongan dan Plumpang. [hud/rom]