Area Gedung BPBD Direncanakan Jadi Tempat Diklatsar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Gedung baru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang berada di Jalan Wahidin Sudirohusodo telah ditempati, Kamis (4/1/2018).

Dengan keberadaan sisa lahan yang cukup luas, rencananya gedung dua lantai tersebut juga akan digunakan untuk pendidikan dasar dan latihan (Diklatsar) bagi pemula. Meliputi, Flying fox, panjat tebing, dan simulasi kebakaran.

"Sisa lahan area BPBD rencananya akan dibuat tempat Diklatsar bagi pemula," kata Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono kepada blokTuban, Selasa (9/1/2018).

Dengan adanya Diklatsar bagi pemula tersebut, maka tentu diharapkan bisa memberi bekal bagi generasi muda dalam penanganan bencana. Khususnya mereka yang saat ini masih duduk di bangku SMA.

Setidaknya, jika mereka (para pemula) mempunyai keinginan untuk menjadi relawan atau anggota tim rescue BPBD, maka ini juga bisa menjadi ajang untuk latihan.

"Tanahnya masih luas, maka dimanfaatkan untuk pelatihan Diklatsar," pungkasnya.

Mantan Camat Widang itu meminta agar kelak jika sudah ada tempat pelatihan Diklatsar maka bisa dimanfaatkan secara maksimal bagi para anak muda.

"Nanti jika sudah jadi silahkan dimanfaatkan, bisa ikut latihan bagi yang ingin menguji ketangkasan," tutup Joko.[nok/col]