Angkutan Lingkungan, Inovasi Transportasi Pemkab Tuban 2018

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kondisi dunia transportasi di Kabupaten Tuban perkotaan bertahun tahun selama ini dalam kondisi hampir mati suri. Seperti halnya, jumlah angkutan kota yang terus menurun, kondisi kendaraan yang semakin jauh dari kelayakan jalan serta tidak adanya angkutan kota yang beroperasi pada malam hari.

Menjawab kondisi tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban berinisiasi mengadakan angkutan lingkungan. Meski inisiasi ini belum bisa menjawab sepenuhnya terhadap kurangnya sarana transportasi umum di Tuban. Namun setidaknya, bisa menjadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat umum pada bidang transportasi.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, Muji Selamet, dalam waktu dekat ini kendaraan angkutan lingkungan roda tiga bermesin empat tak dan ramah lingkungan ini akan diperkenalkan kepada masyarakat.

“Angkutan lingkungan ini tidak akan mengganggu angkutan kota atau sejenisnya, seperti becak yang sudah beroperasi di Tuban selama ini. Justru angkutan lingkungan ini akan saling mendukung dan lebih menggairahkan roda perekonomian di Tuban perkotaan karena akan berada pada jalur tertentu dan beroperasi sampai malam hari,” ujar Muji slamet Kepala Dinas Perhubungan.

Sementara itu, Muji sapaan akrabnya menjelaskan Keterlibatan PT Ronggolawe Sukses Mandiri dalam angkutan lingkungan ini karena posisinya sebagai perusahaan swasta yang memiliki banyak fleksibilitas. Dengan dikelola oleh swasta diharapkan dapat dikelola secara professional baik dari segi profit maupun benefit. Dalam hal ini PT. Ronggolawe Sukses Mandiri hanya akan berperan sebagai operator pengelolaan bukan sebagai pemilik tunggal.

“Dengan hadirnya angkutan lingkungan ini kami bisa melibatkan warga Tuban untuk ikut andil memiliki angkutan lingkungan ini, dibawah kendali operator pengelolaan angkutan lingkungan yakni BUMD Kabupaten Tuban PT Ronggolawe Sukses Mandiri", imbuhnya.

Lebih lanjut kata Muji, kepemilikan angkutan lingkungan ini akan dibuka untuk umum. Artinya, warga Tuban punya hak yang sama untuk ikut memiliki angkutan lingkungan ini. Dengan dikoordinir langsung oleh PT. Ronggolawe Sukses Mandiri dan PT Gamma Sakti Indonesia sebagai AgenTunggal Pemegang Merk (ATPM) dari produk PT. TVS Indonesia di areal Tuban dan sekitarya.

Soft launching Angkutan Lingkungan ini dilaksanakan Selasa (9/1/2018) di Halaman Kantor Pemkab Tuban yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Forpimida Tuban, President Direktur PT Gamma Sakti Indonesia. serta menghadirkan tokoh masyarakat dan praktisi dunia transportasi di Tuban. Diharapkan saat soft launching ini akan segera disosialisasikan peran serta masyarakat untuk ikut memiliki angkutan lingkungan ini.[hud/col]