Pemkab Dukung Langkah Nelayan Cantrang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban telah melakukan audiensi dengan perwakilan nelayan cantrang Desa/Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, di aula kantor dinas Wakil Bupati, Senin (8/1/2018).

Para nelayan yang menolak atas kebijakan menteri kelautan dan perikanan tentang pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang itu mengadu kepada Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

[Baca juga: Tak Jadi Demo, Nelayan Cantrang Pilih Hearing

"Kita mendukung langkah dari nelayan cantrang yang menolak peraturan menteri Nomor 2 tahun 2015," kata Noor Nahar Hussein saat audiensi.

Orang nomor dua di Kabupaten Tuban itu memahami betul apa yang dirasakan warga. Sebab, rata-rata nelayan di daerah tersebut mayoritas pekerjaannya adalah nelayan cantrang atau payang.

Selain itu, Permen tentang pelarangan cantrang juga dianggap belum siap, karena belum ada solusi yang konkrit dari pemerintah pusat. Sekarang yang ada hanyalah penundaan dan penundaan.

"Harapannya ada solusi yang jelas dan konkrit, bukan hanya penundaan saja," pungkasnya.

Politisi PKB itu juga membeberkan, bantuan dari pemerintah pusat berkaitan dengan pengganti alat tangkap cantrang bukan diperuntukkan bagi nelayan payang. Tapi hanya untuk nelayan dibawah 10 GT kebawah.

"Yang dapat bantuan adalah nelayan kecil, kalau payang tidak dapat ganti, sehingga tentu mereka keberatan dengan adanya pelarangan ini," pungkasnya.[nok/ito]