Bangilan Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat ITS Cup

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Atlet pencak silat Bangilan berhasil menjadi juara umum kejuaraan pencak silat ITS Cup V yang digelar perguruan Setia Hati Terate (PSHT) di Kampus ITS Surabaya, Minggu (7/1/2018). Atlet pencak silat yang tergabung dalam CENTRAL TEMPA SILAT (CE THE ES) Tuban itu berhasil meraih 12 medali emas, 5 perak, dan 10 perunggu.

Kedatangan mereka Minggu malam, disambut hangat oleh Forkopimka Bangilan. Dengan mobil patroli Polsek Bangilan, atlet Ce The Es diarak dari pertigaan Bakalan, Singgahan menuju pusat latihan yang berada di rumah tokoh masyarakat, Mujoko Sahid di Dusun Karang Tengah, Desa/Kecamatan Bangilan.

Pembina atlet silat Ce The Es, Mujoko Sahid mengaku, berterimakasih kepada Forkopimka Bangilan yang ikut hadir di acara penyambutan sekaligus penutupan Club Ce The Es Tuban di kejuaraan pencak silat se Jawa-Bali di ITS Cup Surabaya. Ia juga mengaku, tujuan utama prestasi ini untuk NKRI bukan untuk pribadi.

"Kita harus tanamkan jiwa Rastra sehingga tidak mudah diadu domba atau jadi petarung jalanan," kata Mas Sahid, sapaan akrabnya tadi malam.

Di kesempatan yang sama Kapolsek Bangilan, AKP Budi Santoso, mewakili Forkopimka memberikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih dan mengaku bangga. Pihaknya tidak menyangka jika di wilayah yang berada di daerah pedesaan bisa mengalahkan daerah yang lebih maju seperti Kabupaten Madiun, yang terkenal dengan gudangnya atlet pencak silat.

Kapolsek baru itu juga mengimbau bagi para atlet agar tetap semangat berlatih dan tidak merasa puas. Tujuannya, kata dia, agar pesilat Bangilan bisa berpartisipasi dan naik ke level yang lebih tinggi di tingkat Nasional, bahkan Asean.

"Raih prestasi sebanyak-banyaknya agar bisa mudah untuk masuk di TNI atau Polri," tukas pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Tuban itu.

Dalam acara pentupan tersebut, tampak hadir jajaran Forkopimka Bangilan dan puluhan atlet yang sukses mengharumkan nama Bangilan di kejuaraan ITS Cup V. Diketahui kejuaraan tersebut diikuti 577 pesilat terbaik dari daerahnya masing-masing. [rof/rom]

silat1

silat2