Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Usai membuka acara car free day (CFD) di Jatirogo, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Budi Wiyana bersama istri dan rombongan menyempatkan berkunjung ke wisata Gunung Purung yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Minggu (7/1/2018).

Setelah melihat potensi desa yang berada di ujung barat Kabupaten Tuban itu, pihaknya mengaku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan tetap mendorong Desa dalam rangka kemandirian untuk menyusun dan mengidentifikasi seluruh potensi ekonomi. Salah satunya wisata alam tersebut. 

"Untuk masyarakat Sidomulyo yang akan melakukan eksplorasi wisata ini, tentu Pemkab mendukung penuh demi kemandirian desa untuk pengembangan ekonomi," kata Sekda di sela-sela kunjungan yang didampingi istrinya saat itu. 

Ditambahkan Sekda, jika tempat wisata ini akan benar-benar difungsikan, maka perlu adanya kajian yang komprehensif. Sebab jika melihat lokasi yang tidak jauh dari jalan raya tersebut, maka tempat itu sangat layak dan bisa dikembangkan.

Apalagi, pihak kecamatan dengan desa sudah melakukan aksi awal dengan mengalokasikan dana desa untuk pengembangan wisata berbasis pedesaan di tahun 2018 ini. 

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah melakukan konsultasi dengan dinas-dinas terkait dan pemerhati lingkungan untuk mengembangkan wisat yang menawan ini," kata Sekda sambil menikmati pemandangan di puncak jelmaan gunung Rinjani itu. 

Di akhir pembicaraan Sekda menyarankan, untuk pengelola agar mengoptimalkan perencanaan jangan sampai membangun secara sepotong-potong dan sporadis. Maka pihaknya ingi ketika akan dibangun harus ada ukuran yang matematis. Yg

Diketahui sebelumnya, lahan seluas 40 hektar itu susunan tanahnya membentuk perbukitan. Ketika sudah berada di puncak, nampak hamparan lahan petani yang bisa dijadikan latar belakang hunting foto. Untuk itu, Camat Jatirogo menilai cocok untuk dijadikan pengembangan destinasi wisata alam maupun olahraga yang berbasis desa.

"Secara geografis dan luasnya, tempat tersebut bisa di jadikan bumi perkemahan dan bisa juga dibuat lapangan Golf," ungkap camat Jatirogo Moch. Nawawi saat bersama wartawan media ini.[rof/col]