Musim Hujan, Petani Desa Tluwe Beralih Tanam

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memasuki awal tahun 2018 dibarengi dengan musim penghujan, masyarakat Desa Tluwe, Kecamatan Soko yang rata-ratanya bermatapencaharian petani itu pun beralih tanam padi dan jagung.

Sebelum beralih tanam padi dan jagung, petani setempat yang pada musim kemarau lalu banyak melakukan aktifitas tanam tembakau beserta pengolahan rajang tembakau. Namun, seiring pergantian musim kali ini, mereka beralih tanam.

"Kalau musim panas warga sini tanam tembakau, kalau musim penghujan begini semua petani ya tanam padi," kata Rubi, salah satu petani setempat saat ditemui blokTuban.com disawah miliknya.

Dirinya menambahkan, warga yang berdomisili di perbukitan Soko itu selalu bersyukur dengan kondisi alam yang selalu mendukung aktifitas pekerjaannya.

"Musim panas teriknya bisa dimanfaatkan buat rajang tembakau dan tanama lain. Musim hujan juga kita syukuri, untuk tanam padi," lengkapnya sembari membersihkan rumput disekitar tanam padi sawahnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Sodikin, pekerja rajang tembakau beberapa waktu lalu itu jug beralih tanam jagung di ladangnya.

"Kita hanya menyesuaikan saja, lihat kondisi alam yang cocok untuk musim tanam untuk terus bekerja menyambung hidup," ungkap bapak dua anak tersebut. [feb/ito].