Disdukcapil Tuban Klaim E-KTP Tuntas Sebelum Pertengahan Tahun
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban mengklaim, kekurangan 20 ribu blangko KTP elektronik (e-KTP) dapat diselesaikan sebelum pertengahan tahun 2018. Sebab diungkapkan pihaknya setiap harinya 500 sampai 600 blangko telah diterima dari pusat. 
 
"Kalau tidak error setiap hari 500 sampai 600 blangko yang kita terima, bisa dihitung sendiri. Pastinya sebelum pertengahan tahun sudah terpenuhi," ujar Kepala Disdukcapil Tuban, Joni Martoyo saat diwaancarai wartawan media ini. 
 
Menurut Joni, kebutuhan blangko e-KTP di kabupaten Tuban hingga akhir Desember 2017 mencapai 50 ribu keping. Sedangkan yang sudah terpenuhi ada 30 ribu keping. 
 
Diketahui sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut masih ada 7,4 juta keping blangko e-KTP yang tersedia. Blangko ini disebut masih cukup hingga tahun 2018.
 
Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, lelang yang pertama di bulan Maret selesai 7 juta, saat ini blangko beredar di daerah 2 juta. Kemudian Desember sudah tersedia lagi 7,4 juta keping, sehingga sampai 2018 diperkirakan cukup. [rof/col]