Belum Jadi, Waduk di Maibit Sering Jebol

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Warga Desa Maibit, Kecamatan Rengel menyayangkan pembuatan bendungan waduk yang berada di sebelah timur jalan raya menuju Kota Tuban, Selasa (2/1/2018).
 
Pasalnya, bangunan pembendung air dari aliran sungai dan sumber air dari atas perbukitan Rengel itu dibangun kurang maksimal. Masih ada bagian waduk yang jebol pada salah satu sisi sudut pembendung.

Alhasil, aliran air dari sungai dan sumberan dari perbukitan tidak bisa ditampung dengan apik pada bangunan yang memiliki luas sekitar 25 meter itu.

"Sudah dibuatkan pembendung air, tapi sayang pas musim penghujan yang harusnya dapat menampung banyak air malah lolos begitu saja karena jebol," kata Ahmad, salah seorang warga setempat.

Dia menambahkan, agar Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk segera meninjau dan menyelesaikan masalah itu supaya nantinya bisa berfungsi dan dimanfaatkan oleh para petani sekitar.

"Misal diperbaiki dan bisa nampung air kan nggak sia-sia pembangunannya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Maibit, Ali mengatakan, bangunan waduk memang belum sepenuhnya jadi. "Bendungannya masih sering jebol, dan itu juga masih merupakan tanggungan rekanan semua," ungkap Ali. [feb/ito].